Pages - Menu

Jumat, 10 November 2017

Analisis Data dalam PTK


Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan model analisis data kualitatif yang ditawarkan oleh Miles dan Hubberman (1992:18) yaitu: “Analisis data dimulai dengan menelaah sejak pengumpulan data sampai seluruh data terkumpul. Data tersebut direduksi berdasarkan masalah yang diteliti, diikuti penyajian data, dan terakhir menyimpulkan atau verifikasi. Tahap analisis ini dilakukan berulang-ulang begitu data selesai dikumpulkan pada setiap tahap pengumpulan data dalam setiap tindakan. Tahap analisis tesebut diuraikan sebagai berikut:
1.      Menelaah data yang telah terkumpul baik melalui observasi, pencatatan, dengan melakukan proses transkripsi hasil pengamatan, penyeleksisan dan penelaah data. Seperti mengelompokkan data pada siklus sata. Kegiatan menelaah data dilaksanakan sejak awal data dikumpulkan.
2.      Reduksi data meliputi pengkategorian dan pengklasifikasian. Semua data yang telah terkumpul diseleksi dan dikelompok-kelompokkan sesuai dengan fokus. Data yang telah dipisah-pisahkan tersebut lalu diseleksi mana yang relevan dan mana yang tidak relevan dibuang.
3.      Menyajikan data dilakukan dengan cara mengorganisasikan informasi yang sudah direduksi. Data tersebut mula-mula disajikan terpisah, tetapi setelah tindakan berakhir direduksi, keseluruhan data tindakan dirangkum dan disajikan secara terpadu sehingga diperoleh sajian tunggal berdasarkan fokus pembelajaran matematika melalui pendekatan CTL meningkatkan hasil belajar siswa.
4.      Menyimpulkan hasil penelitian data triangulasi. Kegiatan ini merupakan penyimpulan akhir temuan penelitian, diikuti dengan kegiatan triangulasi atau pengujian temuan penelitian. Kegiatan triangulasi dilakukan dengan cara peminjaman kembali catatan lapangan dan bertukar pikiran dengan ahli, sejawat dan guru.
Analisis data dilakukan terhadap data yang telah direduksi baik data perencanaan, pelaksanaan, maupun data penelitian. Analisis data dilakukan dengan cara terpisah-pisah. Hal ini dimaksudkan agar dapat ditemukan sebagai informasi yang spesifik dan terfokus pada berbagai informasi yang mendukung pembelajaran dan menghambat pembelajaran. Dengan demikian pengembangan dan perbaikan atas berbagai kekurangan dapat dilakukan tepat pada aspek yang bersangkutan.


1 komentar:

  1. Videoslots.com (video game) - Vidl.cc
    Videoslots.com youtube converter (game) (video game). Play Videoslots.com (game) (game). Video Game. Share on. Tweet on. About. Photos.

    BalasHapus