Pages - Menu

Minggu, 12 November 2017

Pembelajaran konvensional


Pembelajaran konvensional merupakan pembelajaran yang sering digunakan di sekolah selama ini. Djaafar (2001:86) menyatakan bahwa pembelajaran konvensional dilakukan dengan komunikasi satu arah. Ciri lain dari pelaksanaan ini peserta didik sekaligus mengerjakan dua kegiatan yaitu mendengarkan dan mencatat.
Pernyataan yang dikemukakan oleh Djaafar diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran konvensional merupakan pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal ini dapat dilihat dari cara mengajar yang dilakukan oleh guru tersebut seperti guru menerangkan materi pelajaran dan siswa mencatat keterangan yang diberikan oleh guru.

Pembelajaran konvensional yang akan penulis terapkan di sekolah adalah dengan cara menjelaskan konsep materi pelajaran dengan cara ceramah. Guru menyampaikan konsep kepada siswa, kemudian guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang materi yang baru saja disampaikan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pemahaman siswa dengan materi yang baru saja dijelaskan. Setelah itu guru memberikan tugas untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk menciptakan pengalaman belajarnya. Diakhir pelajaran guru pun tak lupa membuat kesimpulan dari materi pelajaran yang telah disampaikan sebagai penguatan.


Sumber:

Djaafar, Tengku Zahara. 2001. Kontribusi Strategi Pembelajaran tehadap Hasil Belajar. Padang.

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar