Pages - Menu

Sabtu, 04 November 2017

Pengembangan Diri


4.      Uraian Kegiatan
a.       Penyusunan program tahunan KKG Gugus III kecamatan Koto Tangah Padang.
1)      Meresepsi program pembelajaran
2)      Pembuatan program kegiatan KKG gugus III
3)      Penyerahan program kegiatan KKH gugus III
4)      Mendiskusikan kiat-kiat pengajaran
5)      Penentuan pembuatan soal-soal mid semester dan soal semester
6)      Mendiskuksikan soal-soal mid semester dan soal semester
7)      Mengevaluasi kegiatan KKG gugus III
b.      Penyusunan program tahunan dan program semester
Program semester disusun setiap mata pelajaran untuk satu semester kemudian menentukan minggu efektif bagi masing-masing standat kompetensi dan kompetensi dasar sesuai dengan waktu efektif yang tersedia selama satu semester. Sedangan program tahunan disusun setiap mata pelajaran untuk dua semester. Kegiatan dilanjukan dengan menentukan aloksi waktu bagi masing-masing standar kompetensi dan kompetensi dasar sesuai dengan waktu efektif yang tersedia selama satu tahun.
c.       Alasisi SK dan KD
Analisis SK dan KD dilakukan untuk mengetahui jumlah standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai, kemudian mengambangkan indikator untuk mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar.
d.      Pengembangan silabus
Penyususnan silabus dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) merumuskan kompentensi dan tujuan pembelajaran serta menentukan standar yang memuat kompetensi dasar, materi pokok dan indikator hasil belajar. 2) menentukan strategi, metode dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan mode pembalajaran.
e.       Peningkatan hasil belajar guru
Pembelajaran guru adalah pembelajaran yang menentukan bagi sebagian kecil siswa, oleh sebab itu guru harus menjadiakan pembelajaran sebagai pembelajaran yang menyenangkan. Dengan begitu, peserta didik dapat memahami pentingan pembelajaran. Diharapkan dengan penerapan model-model pembelajaran yang sesuai dapat meningkatkan hasil bejar yang maksimal.
f.       Pelaksanaan meteri pembelajaran
Pelaksanaan pembelajaran dapat berupa mengekpresikan diri melalui media sebagai alat peraga dalam pelajaran di dalam kelas. Pelaksanaan disesuaiakan dengan perencanaan yang telah di buat.
g.      Pembuatan kisi-kisi naskah dan analisis soal ujian
Pembuatan naskah sal ujian perlu terlebih dulu menuliskan kisi-kisi soal. Jumlah soal masing-masing SK dan KD bibagi secara proposional sesuai dengan jumlah soal yang akan dilahirkan nantinya.

   5.  Tindak Lanjut

Materi dari Kelompok Kerja (KKG) Gugus III Kec. Koto Tangah dialaksanakan atau diaplikasikan di sekolah masing-masing oleh guru yang bersangkutan. Pengawas dan kepala sekolah akan memonitoring kegiatan masing-masing sekolah.
Pengawas dan kepala sekolah akan memonitoring kegiatan masing-masing sekolah.

 6.   Dampak Pengembangan Diri

Pengembangan diri memiliki dampak yang akan dirasakan baik oleh siswa, guru maupun pihak lainnya. Berikut adalah dampak yang dapat dirasakan, yaitu:
a.       Dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didiknya.

b.      Sebagai seorang guru dapat mengaplikasikan beberapa teknik dan metoda serta model pembelajaran yang sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran nantinya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar