Pages - Menu

Senin, 06 November 2017

Pengertian Model Pembelajaran Kontektual (CTL)



Menurut Wina (2008:255) bahwa: “Pendekatan CTL  adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka.”
Sedangkan menurut Nurhadi (2002:5) bahwa: “Pembelajaran Kontektual adalah kiat belajar yang membantu guru mengkaitkan antara satu materi dengan materi yang lain dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.”
Kesadaran perlunya pendekatan CTL dalam pembelajaran didasarkan adanya kenyataan bahwa sebagian besar siswa tidak mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajarinya dengan bagaimana pemanfaatannya dalam kehidupan nyata. Hal ini karena pemahaman konsep akademik yang mereka peroleh hanyalah merupakan sesuatu yang abstrak, belum menyentuh kebutuhan praktis kehidupan mereka, baik di lingkungan kerja maupun di masyarakat. Pembelajaran yang selama ini mereka terima hanyalah penonjolan tingkat hafalan dari sekian rentetan topik atau pokok bahasan, tetapi tidak diikuti dengan pemahaman atau pengertian yang mendalam, yang bisa mereka terapkan dalam kehidupannya.
Menurut Whitehead (dalam Johnson, 2008: 37) bahwa:
CTL sesuai dengan nurani manusia yang selalu haus akan makna. CTL juga mampu memuaskan kebutuhan otak untuk mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada, yang merangsang pembentukan struktur fisik otak dalam rangka merespon lingkungan. Selain itu, karena CTL mengajak para siswa membuat hubungan-hubungan yang mengungkapkan makna, CTL memiliki potensi untuk membuat para siswa berminat belajar. Tidak akan ada perkembangan mental tanpa adanya minat. Minat adalah dasar perhatian dan pemahaman.


Sumber:
Wina Sanjaya. 2008. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana


Nurhadi,dkk. 2002. Pembelajaran Kontekstual /Contextual Teaching and Learning dan Penerapannya dalam KBK.  Universitas Negeri Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar