Pages - Menu

Senin, 06 November 2017

Pengertian Quantum Learning



Quantum Learning adalah salah satu metode pembelajaran yang bertujuan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenang dan nyaman bagi siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini sesuai dengan pernyataan DePorter (2000:8) yaitu “quantum learning didasarkan agar pembelajaran itu efektif, kegiatan pembelajaran itu haruslah menyenangkan”. Dengan adanya suasana pembelajaran yang menyenangkan, siswa pun diharapkan lebih termotivasi untuk belajar sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa pun meningkat.

Pembelajaran menyenangkan bukanlah pembelajaran yang penuh hura-hura. Dalam buku The Accelerated Learning Handbook, Meier, yang dikutip oleh DePorter ( 1999:45), menyatakan bahwa:
Menyenangkan atau membuat suasana belajar dalam keadaan gembira bukan berarti menciptakan suasana ribut dan hura-hura. Kegembiraan yang dimaksud adalah bangkitnya minat, adanya keterlibatan penuh, serta terciptanya makna, pemahaman atas materi yang dipelajari), dan nilai yang membahagiakan pada diri siswa. Dan pembelajaran yang menyenangkan adalah pembelajaran yang dapat membawa perubahan terhadap diri si pembelajar.

Pernyataan  diatas dapat disimpulkan bahwa, untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, emosi memiliki peranan penting dalam membangkitkan minat, motivasi dan aktivitas siswa terhadap pelajaran. Hal itu dapat dilakukan dengan cara menciptakan suasana kelas yang nyaman, menyatukan unsur-unsur hiburan, permainan, warna, menciptakan pengalaman belajar yang efektif dan cara berpikir positif bagi siswa. Apabila emosi positif pada diri siswa terus dibangun tentulah hal-hal yang berkaitan dengan kehormatan diri akan semakin meningkat. Dan akhirnya, keberhasilan dalam proses belajar mengajar pun dapat ditingkatkan.

Asas utama quantum learning adalah “Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita, dan Antarkan Dunia Kita ke Dunia Mereka. Maksudnya adalah bahwa agar siswa mau menerima apa yang akan guru ajarkan, maka guru tersebut terlebih dahulu haruslah memahami setiap pribadi anak didiknya, guru membuat jembatan penghubung antar dirinya dan siswa, yaitu dengan cara menjalin rasa simpati dan saling pengertian. Dan jika hubungan itu sudah tercipta, maka guru akan lebih mudah untuk menyampaikan pelajaran kepada siswanya dengan cara yang menyenangkan.

Penjelasan yang telah diberikan dapat disintesiskan bahwa quantum Learning adalah gabungan kegiatan yang seimbang antara bekerja dan bermain, dengan kecepatan yang mengesankan dan dibarengi dengan kegiatan yang menggembirakan.


Daftar Pustaka

DePorter, Bobbi, dkk. 2000. Quantum Learning. Jakarta: Kaifa.

_________________. 1999. Quantum Teaching. Jakarta. Kaifa.

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar