Pages - Menu

Selasa, 14 November 2017

Hasil Belajar


Hasil belajar merupakan tolak ukur untuk mengetahui keberhasilan siswa dalam menguasai mata pelajaran. Keberhasilan itu mencakup perubahan tingkah laku, pengetahuan dan keterampilan siswa setelah kegiatan belajar, Hamalik (2006:37) mengemukakan “belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar merupakan perubahan yang didapat setelah dilakukan kegiatan belajar.
Penilaian hasil belajar dibedakan dalam beberapa katagori. Bloom dalam Sudjana (2009:14) secara garis besarnya membagi menjadi tiga katagori yaitu:
a.       Ranah kognitf, berkenaan dengan hasil intelektual.
b.      Ranah afektif, berkenaan dengan sikap.
c.       Ranah psikomotor, berkenaan dengan hasil belajar, keterampilan dan kemampuan bertindak.

Hasil belajar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mengalami proses pembelajaran metode Quantum Learning dengan menggunakan teknik Brainstorming. Hasil belajar yang diteliti pada penelitian ini hanya pada ranah kognitif  yang didapat dari tes hasil belajar dan ranah afektif yang dilihat dari aktivitas siswa selama pembelajaran yang diamati dengan menggunakan lembar observasi dan dinyatakan dalam persentase.


Sumber:
Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar