Data yang diperoleh dalam penelitian
dianalisis dengan menggunakan model analisis data kualitatif yang ditawarkan
oleh Miles dan Hubberman (1992:18) yaitu: “Analisis data dimulai dengan
menelaah sejak pengumpulan data sampai seluruh data terkumpul. Data tersebut
direduksi berdasarkan masalah yang diteliti, diikuti penyajian data, dan
terakhir menyimpulkan atau verifikasi. Tahap analisis ini dilakukan
berulang-ulang begitu data selesai dikumpulkan pada setiap tahap pengumpulan
data dalam setiap tindakan. Tahap analisis tesebut diuraikan sebagai berikut:
1.
Menelaah data yang telah
terkumpul baik melalui observasi, pencatatan, dengan melakukan proses
transkripsi hasil pengamatan, penyeleksisan dan penelaah data. Seperti
mengelompokkan data pada siklus sata. Kegiatan menelaah data dilaksanakan sejak
awal data dikumpulkan.
2.
Reduksi
data meliputi pengkategorian dan pengklasifikasian. Semua data yang telah
terkumpul diseleksi dan dikelompok-kelompokkan sesuai dengan fokus. Data yang telah dipisah-pisahkan tersebut lalu diseleksi mana yang
relevan dan mana yang tidak relevan dibuang.
3.
Menyajikan data dilakukan
dengan cara mengorganisasikan informasi yang sudah direduksi. Data tersebut
mula-mula disajikan terpisah, tetapi setelah tindakan berakhir direduksi,
keseluruhan data tindakan dirangkum dan disajikan secara terpadu sehingga
diperoleh sajian tunggal berdasarkan fokus pembelajaran matematika melalui
pendekatan CTL meningkatkan hasil belajar siswa.
4. Menyimpulkan hasil penelitian data
triangulasi. Kegiatan ini merupakan penyimpulan akhir temuan penelitian,
diikuti dengan kegiatan triangulasi atau pengujian temuan penelitian. Kegiatan
triangulasi dilakukan dengan cara peminjaman kembali catatan lapangan dan
bertukar pikiran dengan ahli, sejawat dan guru.
Analisis
data dilakukan terhadap data yang telah direduksi baik data perencanaan,
pelaksanaan, maupun data penelitian. Analisis data dilakukan dengan cara
terpisah-pisah. Hal ini dimaksudkan agar dapat ditemukan sebagai informasi yang
spesifik dan terfokus pada berbagai informasi yang mendukung pembelajaran dan
menghambat pembelajaran. Dengan demikian pengembangan dan perbaikan atas
berbagai kekurangan dapat dilakukan tepat pada aspek yang bersangkutan.
Artikel keren lainnya:
Videoslots.com (video game) - Vidl.cc
BalasHapusVideoslots.com youtube converter (game) (video game). Play Videoslots.com (game) (game). Video Game. Share on. Tweet on. About. Photos.