Perkembangan
teknologi informasi beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan pesat,
sehingga hal ini dapat mengubah paradigma masyarakat dalam mencari dan
mendapatkan informasi yang tidak lagi terbatas pada informasi surat kabar,
audio visual dan elektronik, tetapi juga sumber-sumber informasi yang lebih
bersifal global. Salah satu bidang yang mendapat dampak yang cukup berarti
dengan perkembangan teknologi ini adalah bidang pendidikan.
Berbagai
cara telah dikenalkan serta digunakan dalam proses belajar mengajar dengan harapan
pengajaran guru akan lebih berkesan dan pembelajaran bagi murid akan lebih
bermakna. Salah satu cara tersebut adalah dengan memanfaatkan teknologi dalam
proses pemebelajaran. Teknologi informasi dan komunikasi telah banyak digunakan
dalam proses belajar mengajar. Penggunaan teknologi ditujukan untuk
meningkatkan mutu pendidikan.
Pada hakekatnya kegiatan pembelajaran
adalah suatu proses komunikasi. Proses yang harus diciptakan atau diwujudkan
melalui kegiatan penyampaian atau tukar menukar pesan atau informasi oleh
setiap pembelajar kepada peserta didik. Pesan atau informasi dapat berupa pengetahuan, keahlian, ide, pengalaman,
dan sebagainya.
Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 19
tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 19 ayat 1, bahwa proses
pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif,
menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif,
serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian
sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta
didik. Oleh karena itu proses pembelajaran harus dirancang, dilaksanakan guru
sebagai pendidik dapat memenuhi amanat peraturan pemerintah tersebut.
Penggunaan computer dalam
pembelajaran merupakan salah satu imbas dari perkembangan teknologi dalam
proses pembelajaran. Berbagai macam kegiatan kreasi pembelajaran dapat di
ciptakan melalui computer, baik yang bersifat
software (perangkat lunak) atau yang bersifat
hardware (perangkat keras). Salah satu perangkat lunak yang dapat di
gunakan dalam proses bemlajaran adalah macromedia
director yaitu program animasi yang telah banyak digunakan untuk menghasilkan
desain dan berguna untuk animasi interaktif. Program ini memiliki kemampuan
dalam mengintergrasikan komponen warna, musik dan animasi grafik. Program ini
juga mampu memberikan balikan sehingga siswa dapat aktif berinteraksi dengan materi
yang disajikan.
Bukti nyata adanya pengaruh dari
perkembangan teknologi adalah munculnya mata pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi. Mata pelajaran ini ditujukan untuk mempersiapkan peserta didik
dalam memiliki bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global. Dengan
mempelajari teknologi informasi dan komunikasi diharapkan siswa lebih memahami
tentang teknologi. Namun kenyataannya siswa masih banyak yang menganggap
pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi bukanlah pelajaran yang terlalu
penting. Selain itu kurangnya pemanfaatan taknologi oleh para guru menjadikan
mata pelajaran ini menjadi kurang menarik bai siswa.
Roblyer
(2003:111) mengklasifikasikan karaktristik pembelajaran berbantuan komputer
sebagai berikut: pembelajaran berbantuan komputer efektif karena program ini
dirancang berdasarkan tujuan instruksional. Tujuan instruksional dibuat dengan
jelas dan dapat diukur, sehingga dapat dibaca oleh perancang pembelajaran,
siswa maupun guru. Program pembelajaran yang berbasis komputer efektif dalam
mempertahankan minat peserta didik, karena mampu memadukan berbagai jenis
media, gambar bergerak selayaknya informasi yang tercetak.
Melihat
perkembangan ini, sudah saatnya guru melakukan inovasi, tentunya teknologi pada
pembelajaran menjadi keharusan dan memikat perhatian semua yang terlibat
didalam pembelajaran. Terlebih ketika memasuki era komputer yang membuat
segalanya menjadi cepat dan mudah. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan oleh
guru adalah membuat Program Aplikasi berbasis komputer khususnya piranti lunak
presentasi macromedia director.
Penggunaan program
aplikasi macromedia director dalam pembelajaran diharapkan akan sangat membantu
tercapainya tujuan pembelajaran. Akan tetapi kendalanya di lapangan masih ada
guru TI&K tidak menggunakan program aplikasi macromedia director sebagai
alat bantu. Kalaupun mengunakan program aplikasi, masih terbatas pada program
aplikasi sederhana, karena guru belum terbiasa menggunakan program-program yang
lebih menarik sebagai alat bantu pembelajaran.
Idealnya untuk
menarik perhatian dan minat peserta didik terhadap pembelajaran TI&K harus
dibuat tampilan yang unik, menarik, baik warna, teks, bentuk, ilustrasinya dan
animasinya. Hal itu semua dapat diakomodir dengan bantuan teknologi berbasis
komputer khususnya dengan peangkat lunak macromedia director. Presentasi
menggunakan macromedia director merupakan kegiatan yang penting dalam
mengkomunikasikan suatu gagasan kepada orang lain dengan berbagai tujuan
terutama untuk menarik perhatian siswa terhadap materi yang disajikan, atau
tujuan lain.
Sumber:
BSNP. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan
Menengah. Jakarta: Depdiknas
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Teknologi dan Pendidikan"
Posting Komentar