Menentukan
masalah adalah salah satu hal yang harus dipersiapkan guru dalam penerapan
teknik brainstorming. Masalah yang
diberikan haruslah benar-benar masalah yang dapat merangsang cara penyelesaian
yang beragam dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan teknik brainstorming.
Penerapan
teknik brainstorming dilakukan dalam
kelompok. Di dalam kelompok siswa mengeluarkan ide-ide yang mereka miliki dan
mendiskusikan hasil dari pemikiran mereka untuk mendapatkan jawaban yang
sebenarnya yang dicatat dalam lembar kerja kelompok. Nantinya lembar kerja
kelompok ini akan menjadi laporan dari masing-masing kelompok. Dan hasil dari
diskusi kelompok nantinya akan dipersentasikan.
Langkah-langkah
penerapan teknik curah gagasan (brainstorming)
yang dikutip dari http://www.wikipedia.org
dapat dilakukan sebagai berikut:
1)
Menentukan masalah yang ingin dipecahkan
dengan jelas, dan lay out setiap kriteria yang harus dipenuhi. Menjelaskan
bahwa tujuan dari pertemuan ini adalah untuk menghasilkan ide sebanyak mungkin.
2)
Memberi waktu pada siswa diawal sesi
untuk menghasilkan/memikirkan ide sebanyak mungkin.
3)
Meminta siswa untuk memberikan ide-ide
mereka, pastikan bahwa anda memberi kesempatan yang adil untuk berkontribusi.
4)
Pencatatan ide-ide.
5)
Mendorong siswa lain untuk mengembangkan
ide-ide orang lain, atau menggunakan ide-ide lain untuk membuat yang baru.
6)
Pastikan bahwa tidak ada satu kritik
atau evaluasi selama sesi brainstorming agar siswa bebas mengemukakan
pendapatnya.
Langkah-langkah
teknik brainstorming yang telah
dikemukakan di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan metode ini tugas
guru adalah memberikan masalah yang mampu merangsang pikiran siswa, sehingga
mereka menanggapi, dan guru tidak boleh mengomentari bahwa pendapat siswa itu
benar/salah. Murid bertugas menanggapi masalah dengan mengemukakan pendapat,
komentar atau bertanya, atau mengemukakan masalah baru, mereka belajar dan
melatih merumuskan pendapatnya dengan bahasa dan kalimat yang baik. Siswa yang
kurang aktif perlu dipancing dengan pertanyaan dari guru agar turut
berpartisipasi aktif, dan berani mengemukakan pendapatnya.
Sumber"
Roestiyah.
2008. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Rineka Cipta.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "penerapan teknik brainstorming"
Posting Komentar