Pembelajaran
konvensional merupakan pembelajaran yang sering digunakan di sekolah selama
ini. Djaafar (2001:86) menyatakan bahwa pembelajaran konvensional dilakukan
dengan komunikasi satu arah. Ciri lain dari pelaksanaan ini peserta didik
sekaligus mengerjakan dua kegiatan yaitu mendengarkan dan mencatat.
Pernyataan
yang dikemukakan oleh Djaafar diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
konvensional merupakan pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal ini dapat
dilihat dari cara mengajar yang dilakukan oleh guru tersebut seperti guru
menerangkan materi pelajaran dan siswa mencatat keterangan yang diberikan oleh
guru.
Pembelajaran
konvensional yang akan penulis terapkan di sekolah adalah dengan cara
menjelaskan konsep materi pelajaran dengan cara ceramah. Guru menyampaikan
konsep kepada siswa, kemudian guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang
materi yang baru saja disampaikan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa
besar pemahaman siswa dengan materi yang baru saja dijelaskan. Setelah itu guru
memberikan tugas untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk menciptakan
pengalaman belajarnya. Diakhir pelajaran guru pun tak lupa membuat kesimpulan
dari materi pelajaran yang telah disampaikan sebagai penguatan.
Sumber:
Djaafar, Tengku Zahara. 2001. Kontribusi Strategi Pembelajaran tehadap
Hasil Belajar. Padang.
Djamarah,
Syaiful Bahri, dkk. 2006. Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Pembelajaran konvensional"
Posting Komentar