a.
Penyusunan program tahunan KKG Gugus
III kecamatan Koto Tangah Padang.
1)
Meresepsi program pembelajaran
2)
Pembuatan program kegiatan KKG gugus
III
3)
Penyerahan program kegiatan KKH
gugus III
4)
Mendiskusikan kiat-kiat
pengajaran
5)
Penentuan pembuatan soal-soal
mid semester dan soal semester
6)
Mendiskuksikan soal-soal mid
semester dan soal semester
7)
Mengevaluasi kegiatan KKG gugus
III
b.
Penyusunan program tahunan dan
program semester
Program
semester disusun setiap mata pelajaran untuk satu semester kemudian menentukan
minggu efektif bagi masing-masing standat kompetensi dan kompetensi dasar
sesuai dengan waktu efektif yang tersedia selama satu semester. Sedangan
program tahunan disusun setiap mata pelajaran untuk dua semester. Kegiatan
dilanjukan dengan menentukan aloksi waktu bagi masing-masing standar kompetensi
dan kompetensi dasar sesuai dengan waktu efektif yang tersedia selama satu
tahun.
c.
Alasisi SK dan KD
Analisis
SK dan KD dilakukan untuk mengetahui jumlah standar kompetensi dan kompetensi
dasar yang harus dicapai, kemudian mengambangkan indikator untuk mencapai
standar kompetensi dan kompetensi dasar.
d.
Pengembangan silabus
Penyususnan
silabus dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) merumuskan
kompentensi dan tujuan pembelajaran serta menentukan standar yang memuat
kompetensi dasar, materi pokok dan indikator hasil belajar. 2) menentukan
strategi, metode dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan mode pembalajaran.
e.
Peningkatan hasil belajar guru
Pembelajaran
guru adalah pembelajaran yang menentukan bagi sebagian kecil siswa, oleh sebab
itu guru harus menjadiakan pembelajaran sebagai pembelajaran yang menyenangkan.
Dengan begitu, peserta didik dapat memahami pentingan pembelajaran. Diharapkan
dengan penerapan model-model pembelajaran yang sesuai dapat meningkatkan hasil
bejar yang maksimal.
f.
Pelaksanaan meteri pembelajaran
Pelaksanaan
pembelajaran dapat berupa mengekpresikan diri melalui media sebagai alat peraga
dalam pelajaran di dalam kelas. Pelaksanaan disesuaiakan dengan perencanaan
yang telah di buat.
g.
Pembuatan kisi-kisi naskah dan
analisis soal ujian
Pembuatan
naskah sal ujian perlu terlebih dulu menuliskan kisi-kisi soal. Jumlah soal
masing-masing SK dan KD bibagi secara proposional sesuai dengan jumlah soal
yang akan dilahirkan nantinya.
5. Tindak Lanjut
Materi dari Kelompok Kerja (KKG) Gugus III
Kec. Koto Tangah dialaksanakan atau diaplikasikan di sekolah masing-masing oleh
guru yang bersangkutan. Pengawas dan kepala sekolah akan memonitoring kegiatan
masing-masing sekolah.
Pengawas dan kepala sekolah akan
memonitoring kegiatan masing-masing sekolah.
6. Dampak Pengembangan Diri
Pengembangan diri memiliki dampak yang akan
dirasakan baik oleh siswa, guru maupun pihak lainnya. Berikut adalah dampak
yang dapat dirasakan, yaitu:
a.
Dapat meningkatkan pengetahuan
dan keterampilan guru dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didiknya.
b.
Sebagai seorang guru dapat
mengaplikasikan beberapa teknik dan metoda serta model pembelajaran yang sesuai
untuk digunakan dalam proses pembelajaran nantinya.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Pengembangan Diri"
Posting Komentar