Hasil belajar merupakan tolak ukur untuk mengetahui keberhasilan siswa dalam
menguasai mata pelajaran. Keberhasilan itu mencakup perubahan tingkah laku,
pengetahuan dan keterampilan siswa setelah kegiatan belajar,
Hamalik (2006:37)
mengemukakan “belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu
melalui interaksi dengan lingkungan“.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar merupakan perubahan yang didapat
setelah dilakukan kegiatan belajar.
Penilaian hasil
belajar dibedakan dalam beberapa katagori. Bloom dalam Sudjana (2009:14) secara
garis besarnya membagi menjadi tiga katagori yaitu:
a.
Ranah kognitf,
berkenaan dengan hasil intelektual.
b.
Ranah afektif,
berkenaan dengan sikap.
c.
Ranah psikomotor,
berkenaan dengan hasil belajar, keterampilan dan kemampuan bertindak.
Hasil belajar
yang dimaksud dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang diperoleh siswa
setelah mengalami proses pembelajaran metode Quantum Learning dengan menggunakan teknik Brainstorming. Hasil belajar yang diteliti pada penelitian ini hanya
pada ranah kognitif yang didapat dari
tes hasil belajar dan ranah afektif yang dilihat dari aktivitas siswa selama
pembelajaran yang diamati dengan menggunakan lembar observasi dan dinyatakan
dalam persentase.
Sumber:
Arikunto,
Suharsimi. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi
Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Hasil Belajar"
Posting Komentar