Dalam
rangka mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum, guru
perlu melakukan serangkaian kegiatan pembelajaran mulai dari perencanaan,
menentukan strategi,
pemilihan materi dan metode pembelajaran sampai pada penilaian. Serangkaian
kegiatan pembelajaran dalam rangka mencapai tujuan pendidikan tersebut sering
disebut dengan pendekatan pembelajaran.
Pengertian
pendekatan menurut Ujang (2003:39) adalah: “Suatu cara
umum dalam memandang permasalahan atau objek kajian. Pendekatan pembelajaran digambarkan sebagai kerangka umum tentang skenario
yang digunakan guru untuk membelajarkan siswa dalam rangka mencapai suatu
tujuan pembelajaran.”
Pendekatan pembelajaran
juga dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan
tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, didalamnya
mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan
cakupan teoretis tertentu.
Dilihat dari
pendekatannya, pembelajaran terbagi atas dua jenis, yaitu: (1) pendekatan
pembelajaran yang berorientasi atau berpusat
pada siswa (student centered approach), dan (2) pendekatan
pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered
approach). Adapun salah satu pendekatan yang tergolong kedalam pendekatan
yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach)
adalah pendekatan kontektual (CTL)
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Pendekatan"
Posting Komentar